Kutub Filosofis Pendidikan Vokasi

John F Thompson dalam bukunya “Foundations of Vocational Education” memberikan dikotomi yang menarik, yaitu antara pendidikan vokasi yang mengajarkan “what a job is all about” dengan yang mengajarkan “all about a job” . Dua dikotomi atau dua kutub filosofis tersebut merupakan hal yang berbeda.

What a job is all about merupakan kutub filosofis yang menekankan keterampilan tertentu harus dikuasai dengan menguasai keterampilan yang berkaitan karena keterampilan yang dikuasai akan memiliki pengaruh, manfaat, bahkan memberikan efek yang sangat besar dalam pengembangannya. Keterampilan dianggap terbentuk bahkan berkembang karena memiliki keterkaitan dengan keterampilan yang lainnya. Kutub filosofis ini bisa diistilahkan tahu sedikit dari banyak hal atau pemahaman sedikit bagian keterampilan pada banyak keterampilan. Misalnya, keterampilan seseorang terkadang dipengaruhi oleh gaya hidupnya dan pola hidup orang yang ada di sekitarnya, sehingga penguasaan keterampilan tersebut memberikan corak terhadap penguasaan keterampilannya.

All about a job lebih menekankan pada penguasaan keterampilan hingga sedetail-detailnya. Kutub filosofis ini bisa juga diistilahkan dengan keterampilan atau penguasaan pada satu hal tetapi memahami banyak hal atau tahu banyak dari yang sedikit. Penguasaan keterampilan tertentu akan berkembang bila menguasai keterampilan tersebut dengan sedalam-dalamnya atau spesifik. Kutub filosofis ini menjelaskan keterampilan sebagai fokus utama yang harus dikuasai lebih mendalam dan lebih terinci, terkhusus, dan detail. Misalnya seorang tukang las harus mengetahui cara memegang las, memilih batang las, memegang elektroda, menyalakan alat las, menabrakkan busur, mengelas dalam berbagai posisi, dan sebagainya.

Sumber :
Thompson, J. F. (1973). Foundation of Vocational Education : Sosial and Philosophical Concept. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Tinggalkan komentar